Tuesday, July 23, 2013

Cara Menghilangkan Setrum Listrik Di Casing CPU

CPU kalian menyetrum? inilah hal yang saya alami pertama kali saat merakit komputer, setelah merakit CPU selesai dan CPU mulai saya di nyalakan tidak sengaja tangan saya menyentuh CPU dan hasilnya saya pun heran kok nyetrum ya bukan hanya CPU tapi juga hp yang saya sambungkan melalui kabel data ke CPU juga menyetrum ( walaupun ada rasa takut hpnya kenapa-kenapa kalo kesetrum hehe.. ) alhasil setelah tanya sana-sini akhirnya ketemu cara mengatasinya, ternyata mudah sekali kita hanya perlu membuang arus listrik tersebut ke tanah atau objek sekitar seperti tembok, jadi kita sambungkan kabel tembaga ke dari casing CPU yang ada tempat setrumnya agar nanti di buang ke tembok contohnya yang sudah di pasang paku/apun yang bisa menghantarkan listrik, coba ikuti tutorial di bawah.


Berikut trik cara ngilangin listriknya, sampai sekarang cara ini saya pakai di PC saya sendiri dan tidak pernah ada problem.

Pertama siapkan kabel tembaga/serabut di toko-toko listrik yang bekas juga tidak apa-apa ( rekomendasi kabel tembaga yang tunggal biar gampang lilitnya bukan yang berbentuk serabut kalau tidak ada ya tidak apa-apa ) ukuran panjang sesuaikan dengan kondisi, karena disini kita juga membutuhkan sebuah induktor bisa paku atau apapun yang nantinya akan di sambungkan ke CPU menggunakan kabel.

Misalnya jarak antara CPU dengan paku kalian 2 meter kita membutuhkan kabel setidaknya 3 meter biar rapih ( di sesuaikan saja ).

Cara 1 : Ini adalah cara paling simple yaitu balikkan colokan yang mengarah ke CPU kalian dari yang tadinya posisi kiri ke kanan jadi dari kanan ke kiri pokoknya di balikan saja posisi pas nyoloknya, jika nggak work langsung ke cara yang pasti-pasti berikut cara yang ke-2.

Cara 2 :

Siapkan bahan-bahan yang di perlukan berikut :
  1. Gunting / Cutter
  2. Obeng / Tespen
  3. Paku di tembok
  4. Palu
  5. Kabel Tembaga Secukupnya ( di sarankan yang tunggal bukan serabut biar mudah saat di lilit )
Caranya :
  1. Pastikan PC kalian dalam keadaan OFF ya, cabut colokan yang tersambung ke stop kontak.
  2. Potong bagian ujung kabel yang ada sedikit saja sekitar 2cm, kemudian setelah itu lilitkan salah satu ujung serabut tembaga ke paku yang sudah kalian paku dan ada di tembok fungsinya untuk membuang listrik dari CPU ke paku tersebut ( kedengaran aneh tapi emang begini adanya ).
  3. Kemudian ujung pada kabel satunya lagi silahkan di kupas lagi sekitar 2cm kemudian tempelkan ke bagian CPU yang ada setrumnya, kalo kalian bingung cara menempelnya coba lilitkan saja kabelnya di salah satu baut pengunci CPU.
  4. Kemudian coba lagi menggunakan alat Tespen ( seperti obeng ) apakah masih menyala? klo gk punya tespen dan bernyali besar, coba di pegang aja kalo kalian bernyali masih nyetrum apa nggk ( seenggaknya gk akan gosong karena voltnya juga kecil ) wkwk.
Bagaimana mudah kan? sekian dulu tutorial kali ini, jika kalian gosong bingung silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar terima kasih.

Senang bisa terus aktif dalam dunia blogger tercatat sudah 8 tahun blog ini berdiri :)


EmoticonEmoticon Klik tombol di samping untuk menampilkan Emoticon