Keadaan Suhu Normal Untuk Perangkat Keras Pada PC atau Laptop

Rabu, 08 Januari 2014

Panas adalah salah satu teman dari perangkat komputer yang kita gunakan sehari-hari entah komputer, laptop, notebook dan lain sebagainya, masing-masing memiliki spesifikasi panasnya masing-masing jadi jangan menentukan bahwa suatu hardware maksimal tempraturnya sekian sekian.... plus jangan kaget biasanya jika hardware untuk gaming rata-rata bekerja lebih panas karena memang kemampuan hardware tersebut bekerja dengan keras demi menjalankan game-game apalagi tidak di lengkapi dengan pendingin yang bagus seperti watercooling atau hsf aftermarket yang bagus so pasti hardware akan bekerja panas dan jika agan tidak memperhatikan panas hardware yang sudah naik melewati spesifikasi panas maximum maka perangkat komputer agan akan shutdown otomatis untuk menjaga hardware tersebut agar tidak rusak karena panas berlebih.

Sebenarnya banyak pertanyaan seperti ini :

How to know..?

Berapa derajat sih yang aman buat prosesor, motherboard, vga atau harddisk saya? jawabannya adalah RELATIF, loh koq relatif..? yup masing-masing hardware ada spesifikasi temprature maximum aman yang di capai misalnya i7 3770 yang dapat bertahan pada panas 105 derajat sungguh panas bukan? tapi tenang di bawah 105 derajat dikatakan masih normal karena tidak menyentuh batas maximum lalu jika menyentuh batas maximum? biasanya motherboard akan mengirim sinyal yang fungsinya mematikan/shutdown komputer secara langsung agar melindungi dari kerusakan hardware. Maka dengan itu jika agan mempunyai PC yang di khususkan untuk Gaming ada baiknya menggunakan HSF Aftermarket yang bagus saya sendiri menyarankan agar hardware agan bekerja 20% lebih dingin di bawah spesifikasi maximum temprature untuk menjaga hardware tersebut awet dan tetap dalam performa terkencangnya.

Lalu bagaimana mengatahui berapa batasan maximal temprature untuk hardware yang saya gunakan? jawabannya adalah pertama agan harus mengetahui terlebih dahulu perangkat apa yang agan gunakan misalnya i7 3770 kemudian agan bisa langsung cek ke website intel atau dengan cara googlingi di google untuk melihat batasan maximal temprature untuk hardware yang agan gunakan contohnya prosesor i7 3770 memiliki batas maximal 105 derajat 


Bisa dilihat maximum temprature 105 derajat berarti pastikan bahwa prosesor bekerja di bawah spesifikasi maximum untuk menjaga prosesor atau perangkat hardware tetap aman.

Kemudian bagaimana untuk laptop? jawabannya ya sama saja dengan komputer agan bisa melihat atau cek spesifikasi hardware pada laptop untuk mengetahui seberapa jauh hardware tersebut dapat menahan panas untuk solusinya tentunya agan harus sering-sering membersihkan debu pada laptop dan jangan lupa menggunakan cooling portable untuk membantu mendinginkan laptop, masalahnya berbeda dengan komputer laptop memili pendingin super minimalis agar dapat dengan mudah di bawa kemana-mana.

Lalu bagaimana cara mengecek keadaan suhu hardware? jawabannya banyak aplikasi yang menyediakannya salah satunya yang paling simpel dan cukup mudah di gunakan adalah Speecy agan bisa download pada link di bawah

Apa benar overclock meningkatkan panas pada hardware? jawabannya tentu saja overclock dapat sangat berbahaya bagi hardware yang di overclock jika tidak mempersiapkan perlengkapan yang mumpuni seperti pendingin yang bagus watercooling atau hsf aftermarket yang di khususkan untuk overclock karena prisip dari overclock adalah menambah jumlah clock/kecepatan maka seiring menambahnya kecepatan voltase pada hardware akan naik atau beroprasi pada voltase tertinggi untuk menstabilkan hardware yang di overclock jika tidak stabil makan di perlukan tegangan voltase agar overclock dapat berjalan stabil dan konsekwensinya tentu saja panas yang bisa naik hingga 100% jika tidak mempersiapkan pendingin yang bagus dan perlengkapan hardware yang memang di khsusukan untuk Overclock.

Download Speecy

0 komentar :

Poskan Komentar