Cara Mengatasi Masalah GTA San Andreas yang tidak mau terbuka

Kamis, 12 Desember 2013

GTA San Andreas tidak bisa terbuka? yup mudah sekali untuk memperbaikinya mau tau? langsung saja berikut caranya


Sebelum kita memperbaikinya kita harus mengerti dulu kenapa GTA San Andreas tidak bisa di buka, Beberapa kali saya googling sana-sini dan tidak mendapatkan solusi yang tepat akhirnya saya menemukan cara yang saya dapat dari salah satu group, group apa saya juga lupa sebenarnya mereka mengatakan bahwa file save pada GTA San Andreas kemungkinan mengalami masalah karena itu untuk melanjutkan permainan harus menghapus file tersebut.

Konsekwensi dari menghapus GTA Save File adalah agan akan kehilangan progress game, dan agan harus mengulangi dari awal lagi.

How to fix..?

Pertama masuk ke My Document kemudian cari folder dengan nama " GTA San Andreas User Files " kemudian hapus seluruh isi folder tersebut dan coba buka kembali game GTA San Andreas agan, jika masih belum terbuka silahkan klik kanan dan Run as Administrator.

Berhasil? yup tapi save game yang menjadi taruhannya beruntung buat kalian yang belum dalam progress misi hehe.

Jika berhasil jangan pelit ya support saya di twitter dengan cara follow akun saya Thanks.! :) @kenhondar

147 komentar :

  1. gan klo laptop compaq cq42
    Processor dual core T4500 2,3Ghz.
    Hardisk 500 giga.
    Ram 2 giga.
    Vga intel 4series express 797mb
    bisa maen game apa aja?? & maen gta bsa gak ?? sms 08995247087

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo GTA San Andreas bisa gan dengan settingan 800x600 matikan semua fitur yg gk perlu terutama FrameLimiter kemudian untuk GTA Vice City dan GTA III lancar jaya di settingan HIGH.
      kalo GTA 4 kyaknya tdk sanggup gan.. masih kurang bgt kalo gta 4 prosesor minimal Core2Duo 1.8GHz VGA Radeon HD5570 DDR3 128bit RAM 2GB.

      Hapus
    2. wow pc gw cuma ada 111 gb

      Hapus
    3. Enak banget lu. Pc gw Intel i3 2100 @3.10 Ghz. Nvidia GeForce GTX 430. RAM 4 GB. Realtek HD Sound. 1 TB SSHD. Tapi gw gak bisa main GTA SA Full Mod Indonesia. Parahnih pc hw

      Hapus
  2. Makasih infonya gan ternyata bisa:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gta multiplayer ya gan sya kok gk bisa gta SA_MP

      Hapus
  3. wahhh berhasil! :3 makasih ya gan :D

    BalasHapus
  4. sob...
    jadi userfiles delete semua ya??? :/

    BalasHapus
  5. sorry nih...
    bukannya ane sok tahu sob...
    bukan karna userfiles deh...
    soalnya ada file dalem berkas yang dirubah atau keubah waktu mod/edit...
    contoh aja kalo pengen ubah ammo 9mm...
    kan bisa diubah di C:\Program Files\Rockstar Games\GTA San Andreas\data\weapon.dat ....??
    tinggal edit dinotepad trus save :D
    soalnya pengalaman sendiri waktu edit* bagian begituan :D
    maaf nih kalo ane sok tahu sob... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggk gan hehe.. dia pakai File Weapon yang harus di masukkan ke gta3.img jadi kalo agan edit weapon.dat tidak akan berpengaruh malah nanti gamenya rusak karena fungsi weapon.dat untuk memberi perintah dari setiap modem file untuk di jalankan oleh game. Sekian ^_^

      Hapus
    2. tapi ane edit file weapon manual sob... :)
      bukan lewat gta3.img...
      buka bagian weapon.dat open with notepad...
      nah darisitu ane cari bagian ammo.. (contoh handgun normalnya kan 17.... bisa dirubah semau kita) trus tinggal save...
      sebelumnya emang ane juga edit bagian vehicle.dat niatnya pengen edit nama-nama mobil di Gta ...
      setelah diubah malah crash....
      jadi menurut pendapat ane userfiles itu kan cuma penyimpan data save main kita sama lagu mp3 buat radio doank...
      one more time apologize kalau ane sok tahu sob ^_^
      disini ane cuma pengen share pengalaman aja.. :)

      Hapus
    3. Thanks gan masukkannya, kalo ane biasa modding lewat gta3.img maklum ane gk terlalu ke modding GTA paling cma iseng2 aja sekedar tahu saja. Jadi agan yg lebih berpengalaman yg pasti tahu ^_^

      Referensi agan sangat bermanfaat. :) Thanks

      Hapus
    4. sekali-kali utak-atik aja gan :D
      yang penting inget* edit datanya di file mana kalo gak backup dulu :D
      emang sih lebih simple pake imgtool...
      cuma ane gak mudeng pake img tool :D
      btw dimari ada window modenya GTA:SA nggak sob??
      butuh neeh :D
      biar bisa window mode sekalian nyambi FB :D

      Hapus
    5. Haha. Thanks gan nanti ane coba-coba XD

      Hapus
  6. tpi kok gw masih tetap gk bisa
    gw load game kyk sepeti ini lihat
    SSnya link:http://prntscr.com/2z6wb9

    BalasHapus
    Balasan
    1. GTA agan setelah modding jadi crash??
      pertama selagi modding bagian main.scm jangan pernah utak atik itu ..
      pokoknya setau ane sih userfiles itu data save kita sama playlist radio kita(kalo kita masukin mp3 buat diradio GTA)...
      jadi userfiles nggak begitu pengaruh....
      kalo abis modding coba inget bagian mana yang dirubah... terus balikin lagi.
      #sumber sih pengalaman edit file daleman GTA secara manual :D

      Hapus
  7. gan..udah gua ikutin cara agan..kok tetap ga mau dibuka ya?

    BalasHapus
  8. WORKING GAN :D
    THANKS A LOT :*

    BalasHapus
  9. punya gua tetep kaga bisa di buka gta sa nya why?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mod lo gatot -_-
      restore aja... (kalo sempet backup)
      klo ga... inul GTAnya -_-

      Hapus
    2. yap betul kata agan PfPDemoniC

      Hapus
  10. Gan punyaq tetep ga bisa nih...,!

    Kejadiaanya itu gara2 ada lampu mati di rumahq...
    otomatis komputerku mati gan...
    Lah pas udh nyala... Q coba main GTA tapi kok gk bisa ????
    Sebelumnya tuh Gk apa2 gan????
    mohon penjelasannya.... klu mau sms ni nomer q
    085732903029

    BalasHapus
  11. LOLOLOLOLOLOL WORK GANN
    THANKS :'D

    BalasHapus
  12. http://www.youtube.com/watch?v=AA2wL9NCC5Y

    kalo kya gitu apa solusinya gan...
    ikutin cara di atas tetep gk bisa

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. sebelumnnya install MOD buat GTAnya gan? pernah ngedit gta3.exe? coba install ulang GTAnya

      Hapus
  14. ane baru download bukan instalan,jadi pas buka langsung keluar tulisan GTA_SA.EXE has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience ,terus ane don't send aja, terus ane copy gta dari warnet dan sama penyakitnya ini keluar,cara diatas juga udah ane lakuin,kalau run administrator pake pass gan ,ane ga tau pass nye, coba infonya yah gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane hapus file nya gan :D ane download GTA indonesia jadinya yg naufal irfan :D udah modifan,plus aman lagi jalan,
      btw makasih gan jawaban nya

      Hapus
  15. bukannya itu ngehapus file save ? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah mau gk mau gan soalnya file save-annya crash/error,

      Hapus
  16. gan kok ane ada pasword'a ya pas mau run as administator

    BalasHapus
  17. filenya udah kosong tapi nggak mau ke buka

    BalasHapus
  18. gan , gta ane knpa ya tekstur bangunannya sering hilang2 ? bsa kasih solusinya gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cara diatas gan, sudah coba detailnya di ubah ke LOW? mungkin masalah spesifikasi PC atau Laptop gan dlu ane pernah seperti ini penyebabnya VGA ane overheat.

      Hapus
  19. sya sdh ilng document x tpi tetap gk mw d bka

    BalasHapus
  20. gan kok ane ga bisa sih -_- bantu dong please.perusakanya saya gini.saya mau masuk gta_sa dan mengikuti cara ente bang.lalu saya masuk keluar. ke dektop lagi itu kenapa ya? :'( Reply Dong Please

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba run as adminstrator udah? coba cek kompabilitasnya klo blum bisa compability di ubah ke windows xp. Sekarang pakai OS apa?

      Hapus
  21. Ko ane folder gta san andreas user files nya ga ada ya? Gmn dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih bro? coba di cari lagi ada kok atau coba run as administrator atau compability ubah ke winxpsp3

      Hapus
  22. udah saya ikutin cara di atas tapi masi error gan ,.
    pas saya istal ulang gta sa nya di situ data gta-3.img nya malah error gan .
    gimana gan kasih solusinya gan pliiiis ,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya di Mod gak nih? coba clean install gan folder gta sebelumnya di hapus semua kemudian insatall lagi smuanya dari awal

      Hapus
    2. Saya sama kayak gitu, file Gta3 nya enggak bisa kebuka, gara garanya sih salah cara Mod
      Udah saya instal ulang tapi tetep enggak bisa gan, gimana tuh solusinya?

      Hapus
  23. agan2 bisa kasih link download gta sa yg gampang???

    BalasHapus
  24. gan kalo punya ane GTA nya sering keluar sendiri, tapi gk not responding, cuma sering keluar sendiri aja gitu.... itu solusinya gimana ya gan ?? mohon pencerahannya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. lihat pc-nya
      2. elus - elus pc-nya
      3. tonjok pcnya sampe hancur.....


      dijamin tak lag 10000000000000000000%

      Hapus
    2. Coba ikutin cara di atas klo masih tdak bisa coba Run compability ganti ke Windows Xp saya jga punya problem yg sama dlu klo saya penyebabnya VGA overheat ( maklum dlu pakai VGA murah ) hehe..

      Hapus
  25. bro mau nanya kenapa saya punya cheat cleo kalau saya gunakan masti gta sa langsung tdk bisa dibuka. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti cheatnya tidak compitable atau tidk cocok dgn gamenya bro

      Hapus
  26. Gan Punya Ane Udah Ikutin Cara Diatas Eh Masih Aja Gak Bisa Mana Udah Di Back Up Lagi Soalnya Gak Punya Mentah Nya Ane heheh gara gara pakai mod juga kemaren di run sama aja gak respon -_- gak respon nya tuh saat mau masuk ke menu GTA nya Pliss Help Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba run as administartor? coba install Directx microsoft ( googling )

      Hapus
  27. gan kalau gta saya sudah di instal tapi tidak bisa dibuka, hanya loading.....
    itu gimana solusinya supaya bisa dibuka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Run compability ubah ke Windows XP bro

      Hapus
  28. gan pas saya buka gtasa exe, yang keluar cuman item doang..

    mohon solusinya gan..

    BalasHapus
  29. bisa nggak gan kalo compability nya diubah jadi sp 3?

    BalasHapus
  30. Balasan
    1. sorry bro haha btw layar blank sdh coba run adminstator blum? sdh coba delete file savenya? ya coba run compability ke SP3

      Hapus
  31. Gan...kalo dah bisa buka tapi saat mau Mulai game lalu load game sudah loading tapi kok langsung keluar aq mohon jawabannya sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dihapus smua folder GTA users filenya di Mydocuments kyknya ada settingannya yg ngaco itu gan

      Hapus
  32. Klo errornya gk bisa baca memory gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai OS apa? klo windwos 7 coba compability di ubah ke winxp sp3 atau run as administrator

      Hapus
  33. Gan ane tetep gabisa, pas ane buka, ga ada bacaan sama sekali cuman loading,loading nyajuga behenti-_-

    BalasHapus
  34. Gan kok gta sa saya keluarnya lama. Solusinya gimana?

    BalasHapus
  35. gan gta san andreass saya kok gak bisa dibuka,terus ada tulisan gta san andreass cannot finn 800*600*32 video mode.tolong sarannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin os nya agan ga support kali..

      Hapus
    2. bukan OSnya bro, 800x600 adalah resolusi gamenya tidak support biasanya penyebabnya Driver VGA blum terinstall

      Hapus
  36. Gan Saya Minta Pencerahannya, GTA SA Saya Tidak Bisa Di Buka, Padahal Sebelum-belumnya Saya Main GTA, Bisa Main Dan Lancar Sentosa !! Pas Saya Cek, Ternyata Gamenya Gk Compitble Sama PC Saya, Laptop Saya Windows 7 Bit 64. Temen Saya Juga Laptopnya Win 7 Dan 64 Bit, Tapi Tetep Bisa Main GTA-nya.
    Banyak Yang Bilang Kalo Mungkin Windows-nya Gak Suport, Karena GTA Game Lama, Jadi Bukanya HArus Pake Os Lama Juga, Tapi Temen Saya Juga Ada Yang Win 8 Tetep Bisa Main GTA-nya !! Saya Juga Sudah Coba Switch Run Program Lewat Compitble Mode, Saya Sudah Coba Semua Mode Tetep Aja Gak Bisa, Saya Juga Sudah Coba Troobleshot Tetep Juga Gak Bisa, Saya Juga Sudah Buka Lewat Run As Administration Juga Tetep Gak Bisa. Bahkan Saya Sudah Instal Ulang GTA S A Nya Berkali-Kali Tetep Gak Bisa Juga.

    Jadi Bagaimana Solusinya gan?
    Mohon Pencerahannya, Saya Butuh Jawabannya Segera Gan, Mohon Di Cerahkan Secerah Cerahnya, Cerahkan Dengan Lampu Senter, Obor, Api Unggun, Semuanya Deh, Yang Bisa Mencerahkan, Pake KameHameha Sekalian !!

    Atas Jawabannya, Saya Ucapakn Terima KAsih, Semoga JAwabannya Tidak Ngawur,
    Sekali Lagi Mohon Secepatnya Gan,

    Kalo Gak Bisa Balas Di Sini,
    Ini E-mail Saya : romireze@gmail.com
    Mungkin Butuh Juga Nih, 081-935-933-800
    Ok Gan, Terima Kasih.

    BalasHapus
  37. Gan, saya Masih Nunggu Jawabannya Gan, Secepatnya Please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Covba cara ini gan problem saya dlu karena belum terinstall DirectX atau Driver VGA blum terinstall?

      Coba download DirectX microsoft ( googling ), run compatibility ke WIndows Xp SP3 dan Run as Adminsitrator. Jika masih blum bisa coba update driver VGA jika masih tdk bsa jga coba clean uninstall GTA San Andreasnya hapus smua sisa-sisa folder GTA Sa-nya hapus juka file savenya yg ada di mydocuments.

      jika cara2 diatas masih blum bisa akan saya carikan solusi lainnya.

      Hapus
  38. Bro numpang nanya deh cara liat versi gta gimana ya? dan versi terbarunya GTA SA itu versi berapa? versi GTAnya ya gan bukan SAMP
    thanks

    BalasHapus
  39. bro gw kan install gta sa pas udh selesai install kok gk bisa di buka ya ada bacaan ini no disk inserted please insert the cd/dvd
    mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  40. Gan kalo pas instal gta nya.... tiba2 berenti ditengah2.... trus ada bacaan error transfering data gta sa...... gmn gan.???
    Mohon pencerahannya..!!!!

    BalasHapus
  41. gan punya gw masih gax bisa dibuka...apa karena kebanyakan mod auto instal ya.....???
    tolong solusinya

    BalasHapus
  42. gan punya ane ada tulisan "cannot find 800x600x32 video mode" itu mksudnya apa ya??

    BalasHapus
  43. gan kalo saat keluar gta tiba 2 hank tuh gmna ya cara ngatasinnya '-'

    BalasHapus
  44. Gan gimana ya kalo errornya Diklik ikon gta sa nya berkali2 gabisa2 tar malah muncul error "couldn't find memory at 0XC*** trus ada pilihan Debug atau cancel
    OS ane Windows 7 professional
    Gimana pencerahannya ya trims

    BalasHapus
  45. Gan, kalo di kompi saya tulisannya gta_sa.exe has encountered a problem and needs to close.
    Terus ane klik don't send aja, gimana ya gan ?

    BalasHapus
  46. kenapa pd saat loading macet malah sampet tidak berjalan sama sekali padahal semua data game gta sa telah dihapus sampe bersih

    BalasHapus
  47. Kalo yang masalah seperti dibawah ini gan, gimana ngatasinya?

    No disc inserted
    Please insert the CD/DVD

    BalasHapus
  48. tetep kaga bisa kebuka min ? itu gimana ngatasinya ?

    BalasHapus
  49. Gan Kenapa Ya Pas Mau Masuk Selalu CRASH?
    Padahal Mod Nya Udah Saya Hapus!! Kalo Diganti Compabillity Nya Kan Kgk Bisa Pakai Mod!!

    #TOLONG SOLUSINYA

    BalasHapus
  50. Gan ane dah frustasi nih gan crash ga bisa selesai" padahal uda ane coba segala cara di google tetep aja crash..

    Pas ane start game trus pas selese loadingnya langsung dah crash game nya.. aa lagi pas uda di menu start game langsung crash..

    Kalo ada waktu luang dan kalo memang di pertemukan mohon di jawab gan :D
    Thanks before..

    BalasHapus
  51. Gan punya ane gta nya gg ada pilihan tanda ▶ yg ada cuma tanda instal sma keluar tuh gimana gan solusinya, laptop ane Compaq gan, mohon segera dibales ya gann,,,,,,

    BalasHapus
  52. Gan wkt sy buka GTA ada tulisannya yg intinya GTA requires least directx 9.0 , solusinya gmn gan? Pdhl sdh sy instal directx 9.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan udh bisa blum punya ane jg asalahnya bgitu

      Hapus
    2. punya gw juga sama kaya gini ada solusi nya gak ya
      apa komputer gw yg error apa gmna ya
      gw pake dirextx 11

      Hapus
  53. masalah sya pas msk game tiba tibya layar nya hitam abis itu keluar masalah nya apa gan tolong di bantu?

    BalasHapus
  54. kok gw begini

    windows could'nt completed the requested changes

    the system cannot find the file specified

    error code:0x80070002


    tolong solusi gan

    BalasHapus
  55. kan udh di install tpi kalau di buka gta nya itu kata kata begini:Cannot Find 800x600 vidio mode

    BalasHapus
  56. gan kenapa di komputer saya tidak bisa main game gta san andreas sudah di install ulang masing tidak bisa main gta san andreas

    BalasHapus
  57. TERIMAKSIH GAN WORK 100% GTA SAYA BISA DIBUKA SEMOGA BLOG INI LANCAR AMIN

    BalasHapus
  58. Gan..., masih gak bisa...... "MUNGKIN FAKTOR FACE :D"

    BalasHapus
  59. Gan..., masih gak bisa...... "MUNGKIN FAKTOR FACE :D"

    BalasHapus
  60. Gan..., masih gak bisa...... "MUNGKIN FAKTOR FACE :D"

    BalasHapus
  61. Gan ane kan ngedit daleman Gta3.img pake spark, terus saya salah masukin file, pas dibuka lagi filw gta3 nya eh error, Gta nya enggak bisa kebuka
    Gimana solusinya?download file Gta3 lagi tah?

    BalasHapus
  62. Gan knp save tamat GTA gk fungsi di windows 7 ? mohon bantuannya

    BalasHapus
  63. Gta sa ane ga bisa di save gan, jd setiap main ngulang dari awal. Setiap mau di save muncul tulisan save failed melulu, itu masalah apa ya gan ? Ane download nya di kickass torrent buat macbook.. Mohon bantuannya gan.. Trims

    BalasHapus
  64. gan kenapa mod anim saya tidak berfungsi saat ngesave game ( GTA SA )

    BalasHapus
  65. Gan kalo misalnya gtanya udah di klik,tapi ga keluar gimana ya?

    BalasHapus
  66. bro ko punya gw tetep gk bisa ya bro padahal dah ikutin caranya waktu itu gw gara gara pake mods ada bacaannya the program can't start beacouse d3dx9_40.dll. try installing the program to fix to fix problem

    BalasHapus
  67. gan kalau gta nya sering macet macet saat dimainin gimana yaa🙏🙏

    BalasHapus
  68. gan kok punya saya ttp gk bisa dibuka ya gan? kasih solusi gan..

    BalasHapus
  69. Gan gta saya kalo di pencet oofflie DC knp ya gan minta solusinta gan...

    BalasHapus
  70. gan gimana nih punya aku gta nya pas gua buka malahan ada "cannot find 800x600x32 video mode" gimana nih gan solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba update driver agan ke versi yg paling baru gan

      Hapus
  71. Gan kalo laptop compaq 510, bisa diisi game apa aja gan?

    BalasHapus
  72. Gan GTA gw gk bisa di buka kenapa yaa, gw kan mnta game nya dari temen gw tpi gk bsa di buka aplikasinya, please bantu gan, gw udah ikutin cara di atas tpi udah ttp gk bisa,
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada notifikasi atau pesan errornya?

      Hapus
  73. kalau mau run kok problem gan gimana solusinya

    BalasHapus
  74. gan pas di buka tulisan nya request at least directx version 9
    punya ane directx 11
    ini yg error laptop ane apa apa nya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di update driver VGAnya, btw VGAnya model apa?

      Hapus
  75. ebusettt bisa beneran, makasih bang :v

    BalasHapus
  76. makasih bang, akhirnya bisa. gak nyesel ane download gamenya hahaha. suwun bang

    BalasHapus
  77. gan, w udah coba run as administrator, juga udah ngapus document... specifikasi laptop w X86...yang diminta X9.0 ane juga udah pakai cara diatas.. ada solusi lagi gak???

    BalasHapus
  78. kalau gta ei download mod tapi tdk kompotibel lagsung gak bisa maen mohon koment nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan GTA EI tuh harem bagi modders gta sa indonesia... Mengapa? Karna di web gtaind banyak mod mod steal (mod bajakan) untuk info lebih lanjut baca aja di kaskud... Saya Nando San orang yang dulunya sering upload di GTAIND tapi sekarang enggak karena setiap upload di web itu . ane selalu di Bully di Facebook... Jadi , agan mending gabung jadi modders gta sa dan bagikan hasil mod agan

      Hapus
  79. mantab gan.. makasih infonya..

    BalasHapus
  80. Gan gimana ni gta ane gk bisa kebuka mulu padahal udah pasang direckX 9.0. .tapi masih aja gk kebuka .. Kata komputernya harus pasang direckx .. Kan udah gua pasan tuh masih aja gk kebuka .. Selalu ada bacaan harus pake direckX ..
    Mohon solusinya. .
    Oh iya gta gua bukan gta mod ya .. Mohon solusinya gan .. Pliss gua Bete pengen maen ..

    BalasHapus
  81. Ganti kok saya maen gta Indonesia ga bisa buka versi maen biasa malahan bisa maen versi dyom

    BalasHapus