Cara Membuat Game Agar Tidak Nge-Lag / Lagging dan Meningkatkan Performa Gaming Pada Komputer Spesifikasi Kecil

Selasa, 26 November 2013

Sebenarnya sulit untuk menambah performa gaming pada hardware yang memang sudah tidak mampu menahan beban game yang di jalankan, tetapi disini saya akan mencoba membantu setidaknya mengoptimalkan game yang akan di jalankan agar performa maximum bisa di dapatkan walaupun spesifikasi komputer yg tidak cukup memadai.


Perlu di ingat juga ya gan cara ini cuma optimal klo memang spesifikasi komputer agan dengan game yang akan agan jalankan beti alias beda tipis lebih berat spesifikasi yang di minta oleh game tersebut, kalo misalnya spesifikasi agan rendah ingin menjalankan game kelas berat sudah pasti cara mengoptimalkan akan sia-sia saja. Mengoptimalkan game bukan berarti semua game bisa di jalankan hanya beberapa spesifikasi game yang memang mendekati spesifikasi komputer agan biar game bisa jalan optimal alias mengurangi lagging.

How it works..?

Pertama pastinya agan harus tahu dulu spesifikasi PC/Laptop kalian kemudian baru bisa di bandingkan dengan game yang akan di jalankan jika memang spesifikasi PC agan mendekati saran game yang akan di jalankan agan boleh mencoba cara yang akan saya berikan ini.

How...........?

Caranya yaitu dengan mengurangi settingan resolusi pada game dan juga settingan grafik pada game, jika monitor agan menggunakan resolusi 1366x768 maka agan bisa menurunkan resolusi 1024x768 jika memang di rasa masih ada lagging saat menurunkan resolusi sekarang saat menurunkan grafik pada game yang tadinya high bisa di coba ke medium jika masih lag coba ke low jika masih lag juga turunkan resolusi jadi 800x600. Yup settingan grafik dan resolusi memang sangat berpengaruh banyak sekali tetapi konsekwensi gambar game yang akan agan dapatkan kualitas grafiknya menurun.

Settingan grafik penting yang harus di non-aktifikan dalam game adalah Anti-Aliasing atau biasa di singkat AA ( Anti-Aliasing adalah penyebab utama lag yang luar biasa saya menyarankan untuk mematikan fitur ini ke OFF atau NO AA ) kemudian Vsync adalah settingan yang mengunci framerate atau kecepatan membaca setiap pergerakan sesuai dengan framerate yang bisa di tangkap monitor dan mata dengan baik yaitu di kisaran 60fps jika ada opsi Vsync sialahkan di off saja karena akan membebankan VGA untuk menahan fps ke 60.

Tambahan....

Pertama untuk mengoptimalkan gaming agan harus mengclose semua aplikasi yang berjalan entah itu browser, lagu, folder atau aplikasi apapun itu kecuali Anti-Virus ya.. cara ini untuk menghemat ruang pada memory.

Kedua sebenarnya cara ini sering saya terapkan ke orang-orang yang tidak tahu mengantisipasi pc/laptop mereka dari serangan virus, virus komputer sendiri membuat performa komputer agan menurun jauh karena virus yang selalu bekerja memakan banyak ruang memory dan memakan kinerja prosesor yang seharusnya kinerja tersebut di gunakan untuk memaksimalkan gaming kalian, saran saya install antivirus yang memang sudah terbukti kemampuannya jangan install antivirus lokal karena antivirus loka cuma bisa mendeteksi virus-virus kecil dan itupun terbatas databasenya saya sarankan untuk gaming gunakan antivirus EsetNod32. Antivirus tersebut sangat terbukti ringan dan sangat ampuh hingga sekarang pun PC saya menggunakan antivirus tersebut dan tidak ada satupun virus yang bisa mengusik PC saya hehe..

Ketiga jika memang performa PC melambat ketika menjalankan game coba cek temprature hardware ada kemungkinan hardware kepanasan sehingga hardware menurunkan kinerjanya agar panas yang di hasilkan bisa berkurang alhasil performa saat menjalankan game berkurang karena hardware mengurangi kinerjanya karena panas.

Keempat restart PC sebelum bermain game apakah berpengaruh? yup sedikit berpengaruh karena PC akan kembali ke keadaan fresh dan perlu saya ingatkan refresh dekstop yang sering kalian kira membuat PC lebih cepat itu adalah kesalahan besar fungsi refresh pada dekstop hanya untuk merefresh icon-icon pada dekstop bukan keseluruhan operating sistem.

Cara mudahnya memang seperti di atas nah di bawah ini adalah cara yang beresiko jika agan tidak mau ambil resiko bisa di skip karena saya tidak bertanggung jawab ya hehe..

OVERCLOCK......... yup tidak salah baca Overclock adalah suatu kegiatan di mana agan akan memaksa hardware komputer agan bekerja di atas kecepatan yang memang sudah di tentukan pabriknya disini agan akan mendongkrak lagi kecepatannya secara paksa dengan pengaturan-pengaturan khusus melalui software overclock ataupun melalui BIOS. Konsekwensi dari overclock ini adalah panas dan jika panas sudah terlalu berlebih akibatnya fatal hardware tersebut akan rusak permanen. Dan apa saja yang bisa di overclock? Prosesor, RAM, VGA bahkan bagi yang menggunakan SSDpun bisa di Overclock. Tapi saya tidak menyarankan Overclock karena sangat berbahaya jika tidak ada persiapan pendingin dan persiapan uang juga jika overclock gagal hehe.. tapi jika overclock dilakukan dengan benar dan tidak nafsu langsung mendongkrak 50% apalagi yang paling sadis ada yg mau 100% lebih cepat tentu saja itu tidak bisa, Overclock yang paling aman adalah antara 5-15% dari kecepatan asli hardware tersebut perhatikan juga tempraturenya.

Cara terakhir dan paling ampuh adalah Upgrade pastinya dengan mengikuti cara di atas agan bisa sambil menabung untuk membeli hardware baru yang mumpuni menjalankan berbagai game.

Terima Kasih jangan lupa follow twitter ya.!

10 komentar :

  1. gan harga vga 4gb kira kira breapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo vga 1gb aja udah rp.160.000
      Jadi dikaliin aja

      Hapus
    2. Tambah RAM aja bro nanti VGA juga ikut kedongkrak

      Hapus
    3. @haikal...ngawur ente, kalo memang klipatan 160 rb,, mngkin kalo ada vga 8gb,,udah ane beli :v

      Hapus
    4. @haikal...ngawur ente, kalo memang klipatan 160 rb,, mngkin kalo ada vga 8gb,,udah ane beli :v

      Hapus
    5. Tergantung jenis dan tipenya bahkan ada VGA 1 Gb lebih mahal dari 2 Gb, besasran memory gak jadi patokan kekuatan VGA tsbt, diliat dari detail VGA tsbt seperti teknologi yg diusung, shaders, Pixel Fillrate, Memory Type, Clock, Bust Width dll.. untuk harga bisa cek di toko2 online di Indonesia

      Hapus
  2. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari Dollar online gratis tanpa modal dan legal modal HP aja, bisa ditukerin sama STEAM gift card, Gems COC, Diamond Get Rich, Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Setelah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AG62928
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)

    BalasHapus
  3. ikut nanya gan, waktu itu sblum ane bongpas PC ane, maen CS lanjay bray, abis ane rakit krna udh kotor daleman x, tiba2 maennya lemot, FPS keadaaaan <10, apa yg harus ane cek gan?? trims

    BalasHapus
  4. Gan bener gak sih nambah ram bisa menambah fps?? gw udh nambah ram dari 2 ke 4 gb tpi tetep aja lag.apa gw harus upgrade vga??

    BalasHapus