Cara Memainkan PES 2013 Pada Komputer Spesifikasi Kecil

Jumat, 12 April 2013

Teman-teman kali ini saya akan membagikan sebuah cara setting agar PES 2013 lancar di mainkan pada spesifikasi rendah. PES 2013 sendiri adalah game terbaru yang menggunakan grafis tinggi walaupun game ini di claim sebagai game ringan tetapi tidak untuk Pentium 4, karena Pentium 4 adalah processor dengan kemampuan yang terbatas yang hanya dapat mengangkat game-game di bawah tahun 2008. Tetapi disini saya akan memberikan Contoh PC yang saya gunakan untuk TEST adalah sebagai berikut:


> Windows Xp INTEL Pentium 4 2.66GHz = |STATUS| = Bad [ Artinya spesifikasi Pentium 4 sangat buruk untuk game ini]
> RAM 2 GB DDR2 VGen = |STATUS| = OK [ Artinya status ini baik-baik saja dengan spesifikasi Medium-High ]
> VGA ATI Radeon X1650XT 512MB ( 1GB if 2GB RAM) = |STATUS| = Good [ Artinya Radeon atau VGA yang saya pakain sudah cukup baik untuk menjalankan game ini dengan memory 512mb yang juga berstatus baik ]

Lihat hehe sangat rendah bukan.? disini yang menjadi masalah adalah Prosessornya, sedangkan spesifikasi minimal dan yang dianjurkan adalah sebagai berikut:


Hehe cukup tinggi ya.. oh ya langsung saja berikut caranya untuk menyetting agar PES sedikit lancar di mainkan pada PC dengan spesifikasi rendah contohnya spesifikasi seperti saya di atas.

caranya adalah dengan cara merubah settingan pada bagian display caranya: masuk ke direktori file PES 2013 tempat dimana anda menginstal game ini kemudian cari aplikasi setting yang disediakan kemudian pada bagian display ganti settingan sesuai gambar ini:


Dan coba anda mainkan lagi jika lancara selamat ya.. jika belum sebaiknya kita lihat dulu hardware apa yang kurang dari spesifikasi kita, seperti saya memainkan PES 2013 pada pentium 4 2.66GHz ATI X1650XT 512mb RAM 2GB memang RAM dan VGA saya sudah cukup tetapi prosessor saya kurang cepat untuk menjalankan game ini.

Oke sekian dulu untuk para gamers jangan berkecil hati jika spesifikasi anda kurang memadai untuk bermain game hehe.. syukuri apa yang ada masih banyak orang yang tidak punya komputer :)
banyak koq game untuk spesifikasi rendah yang tidak kalah seru.

Untuk mengecek apakah spesifikasi kalian cocok untuk game ini baca artikel ini : KLIK DISINI

Jika anda baik hati ^_^ dan mau membantu saya anda bisa follow saya di twitter sebagai bentuk dukungan atau terima kasih :) Jangan lupa ya.. @kenhondar

53 komentar :

  1. kalo
    NVIDIA GeForce 9300 GS ‎(PS3.0/VS3.0)‎ nya BAD
    VRAM nya 128mb BAD

    itu ada yg kurang ya?
    knp ya?
    untuk windows nya pake 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iialah kurang, V-ram untuk PeS 2013 butuh 256mb buat ok, kAlo 512 ke atas dapetnya Good
      pc lu maSalahnya tinggal di VGA nya aja, beli aja vga baru yg 512mb, cari yang angka kedua di serinya minimal angka 4 (miSAl) Ati radeon Hd 7460 dll
      Soalnya VGA lu 9300 GS (angka kedua dari serinya "3")
      kenapa gw bahas angka kedua dari Seri VGA
      kalo dijelasin panjang :v

      Hapus
  2. tpi kok gambarnya gak bisa full sreen gang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. resoluSinya jgn 640x480 SeSuain SAma layar PC lu, misAl 1024x768 Atau 1366x768 klo LCD lu layarnya 20inch ya sekitar 16000x9000

      Hapus
  3. @Hermawan : VGAnya kurang gan, saya saranin Upgrade aha VGAnya minimal NVidia 6200AGP 256MB klo bisa cari yang 512 MB lebih mulus.. ^_^
    @ilo jie : Windows Modenya ganti FULL SCREEN gan :D

    BalasHapus
  4. @ ilo jie : Sorry gan maksud saya di ganti Window mode ke FULL SCREEN :D

    BalasHapus
  5. punya saya ni ya gan
    Procc : Intel pentium IV 2,0 Ghz
    Ram 2 GB
    VGA 512 MB
    OS Win 7

    kira" bisa gak ya di maenin PES 2013 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang gan! RAM udh mantep, VGA udh cukup tapi Prosesornya di upgrade aja ^_^ oh ya buat gaming WIndows 7 berat gan, tapi gk salah kalo di coba, ingat resolusi layar dan ketajaman grafis harus low dan resolusi terkecil ya...

      saran saya upgrade aja procienya gan ke pentium ke atas seperti Dual Core, Core2duo, i3, quadcore sekalian ganti sama Motherboardnya.
      Harga dualcore skrng murah kok Procie dualcore + Mainboard ASUS cuma 1.2 jta-an ^_^ tuker tambah aja.

      Hapus
  6. gan.. mw nanya.. kompi ane dualcore™2.4Ghz ram 2gb. psu 450watt.. trus vga zotac gt420 buat maen game pes 2013.. wktu prtama main ane stting high smua awalnya lancar gan.. tpi stelah 30 mnitan.. lngsung nge lag gan... mohon pencerahannya gan... oiya.. os win8 gan...

    by fyan AE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane saranin Medium setting aje gan.. Kompi agan panas itu ( OverHeat ) ^^_

      Hapus
    2. udah gan.. bahkan sampai ane setting low... tetep nge lag
      .
      trus ane udah nyoba copot kbel psu ke dvd.rom agar gk trlalu membebani Psu.nya.... tpi tetep gan... bahkan klo di lanjutin.. kompi ane mati gan... mohon pencerahan.nya gan.. :)

      Hapus
    3. Coba lihat dan bersihkankan VGA agan jika kotor gan, karena debu salah satu penyebab PC cepat panas karena tersumbat. saya dulu juga begitu gan saya coba ngejalanin COD MW2 dan berhasil lancar di settingan medium cuma cepet bgt panas lama-kelamaan overheat. Nah pas saya bersihkan debu-debu di CPU saya tertama pada VGA, RAM, Heatsink, Motherboard dan lain-lain skrng VGA ane gak cepet panas palingan panas paling tinggi 43 derajat Prosesor paling panas 41derajat, harddisk cuma 37derajat itu karena semuanya udah ane bersiin gan..

      Ane rasa CPU agan kotor gan alias ketutup debu. Coba deh gan di bersiin.. ^_^

      Hapus
  7. udah gan... vga ane msih bru.. trus waktu ane pasang vga smua ane bersihin...

    . oiya gan.. msalah OS gpp kan gan.. ane pkek win 8.. smentara mobo ane certified vista...

    . trus psu de case 450watt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. procinya terlalu panas coba instal xp sp3 terus kasih pasta di atas proci kipas bersihin mas....

      Hapus
    2. Betul kata agan RKK HOUSE Gan, jangan pakai Windows 8 coba gunakan Win Xp atau Win 7.

      Hapus
    3. Betul kata agan RKK HOUSE Gan, jangan pakai Windows 8 coba gunakan Win Xp atau Win 7.

      Hapus
  8. nah...klo saya main pes 2013, hanya saat pertandingannya aja yg lag gan, pdahal di spesifikasi pes nya OK semua. Kenapa tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tulisannya " OK " berarti spec tsbt masuk ke dalam spesifikasi pas2an gan.. klo tulisannya " Good " berarti game tersebut sudah melebihi spesifikasi yg disarankan gan..

      coba setting LOW dengan resolusi layar 800x600 gan..

      Hapus
  9. gout nanya dong kang spec tanggung ni soalnya mau main become legend di pes tapi patah patah melulu ,ga mulus
    spec Pc ane:
    CPU : intel pentium 4 CPU 3.00 ghz
    RAM : 4 gb
    GPU : Nvidia 7300
    VRAM : 512mb
    OS : XP
    ket: semua OK
    tapi tetep ngelag
    tolong solusi

    BalasHapus
  10. punya saya gan semuanya bad tapi maen gk lag nya
    CPU: bad
    RAM: Bad
    GPU: Bad
    VRAM: Bad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua settingan LOW gan
      Resolusi 600x480

      Hapus
  11. Gan klo pnya ane
    Gpu sama vram nya unable mulu..
    gmna ya cra biar kbaca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drivernya sudah terinstall blum? berarti system PC kmu blum mengenal jenis VGA kamu.. coba Update Driver.

      Hapus
  12. Gan mau nanya
    Processor : intel(R) pentium (R) CPU b960 @2.20GHz
    Ram : 2GB
    System type : 32 bit operating system
    Windows7

    Bisa kaga gan buat maen pes kalo ga fifa 13/14 hehe
    Minta pencerahannya yoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo prosesor saya rasa PES 2013/14 sudah bisa, FIFA jga sdh dengaqn settingan Medium tapi VGAnya apa?

      Hapus
  13. Gan ada enda aplikasi mengconverter spesifikasi game tinggi menjadi rendah bls thks

    BalasHapus
  14. Gan mau nanya, Processor : intel core i3 3110M 2.4GHz ( good ) Ram : 2 GB GPU : Intel HD Graphics 4000 ( unable ) Vram : 64 MB ( unable ) itu gara gara kenapa ya gan? Butuh pencerahannya dong makasih...oh ya ane make windows 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unable maksudnya PES tidak bisa menerima VGA tersebut karena masih sangat kurang untuk memainkan PES 2013

      Hapus
  15. sob klo amd-e300 apu with Radeon (tm) HD GRAPICS 2 (CPUs) 1,3 RAM 2GB window 7

    BalasHapus
  16. gan mnta link hack tool buat crystal legacy donk,sama top eleven kalo ada,cari dmn2 isinya survey semua,kirim ke devil.rama09@gmail.com

    thank gan

    BalasHapus
  17. crystal legacy bahasa ea gan

    BalasHapus
  18. CPU:AMD Athlon(tm)62 X2 Dual Core Processor 5000+,MMX,3D Now(2 CPUs)
    RAM: 1 GB
    GPU: NVIDIA GeForce 7300SE/7200 GS (PS3.0/VS3.0)
    VRAM: 512 MB

    Punya ane kok masih ngelag gan. padahal yg BAD cuman RAMnya doang. Tolong Solusinya Gan ??

    BalasHapus
  19. Kk, Nvidia apa yang bisa menambah vramsampai 512 mb tolong ya MKS
    Salam CR7

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksdnya gan? kalo nambah ya gk bisa kecuali beli VGA Baru.. beli NVidia 620 misalnya sudah 1GB DDR3 harga kisaran 400rbu..

      Hapus
  20. broo mau tanya klo ane liat di "dxdiag" Approx.total memory 884 MB
    trus pas ane liat di setting PES 13 ane cuman 128 MB nvidia 6600 ...
    setting low.
    klo ganti VRAM yang 884 bisa ato g ya...
    thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. 884mb itu di shared oleh RAM gan, pasti agan pake win 7.
      memang di pes kedetect 128mb gan tapi pas agan main ketika VGA 128mb gk mampu di resolusi 1204x720 contohnya nanti RAM akan nambahin ( ngeshared jadi 884mb tadi itu ).

      kalo ganti VRAM ya ganti VGA gan skrng VGA untuk main pes 2013 murah2 juga udh bisa settingan High gan, contohnya X1650 PCi udh bisa main resolusi tinggi dengan set High coz Pes 2013 game gk teralu berat gan.

      Hapus
  21. ane main pake lenovo g485 nge lag nih gan, setting nya harus di sesuaikan gimana? udah pake game booster juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba setting Low dengan grafik resolusi 800x600 matikan Wait for VSync

      Hapus
  22. master punya ane..
    dual core 1.80 ghz, 1.79 ghz..
    vga 512
    ram 1 gb..
    kualitas high bisa nggk maen pes 2013..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGAnya apa gan.? kalo Dual Core 1.80GHz udh kuat saya udh pernah coba di e2180 settingan high pakai x1650 512mb juga...

      agan bias mainin PES 2013 asalkan VGA bukan Onboard gan :) btw VGA type apa gan? Radeon ato NVidia?

      Hapus
  23. gan saya maen pke lenovo g405 trus d settingnya
    CPU:AMD E1-2100 APU with Radeon(TM) HD Graphics x 2 ‎(1.00Ghz)‎ UNABLE
    mksudnya gmana....???
    mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGAnya gk mendukung di game tsbt gan

      Hapus
    2. sama kayak pny gwe gan, nge lag terus....

      Hapus
  24. gan saya mau main PES 2014 dgn spek komputer ini ,bisa gk ,tolong di balas

    Intel Pentium4 CPU 3,00 GHZ
    Ram 4gb
    Vga ATI redeon 5400 series

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesor & VGA masih kurang gan minimal Core2Duo atau Dual Core AMD

      Hapus
  25. Gan mau tanya, kenapa saya main PES 2013 patah-patah ya? itu di setingan low - high masih patah-patah juga, padahal saya kira Spek laptop saya udah bagus.
    Spek laptop saya:
    Prosesor AMD E2-2000 1,8 Ghz
    Ram 4GB
    VGA AMD radeon HD8570 M
    OS Windows 7 Profesional 64 bit
    tolong pencerahannya gan?
    terima kasih ^_^

    BalasHapus
  26. kalo cpu nya unable gimana gan ? nge lag banget nih...

    BalasHapus
  27. Intel(R) Core(TM) i3-2330M CPU @ 2.20GHz x 1 ‎(2.20Ghz)‎, pakai lapi gan, win 64 bit, Status processore : BAD ...kasih solusinya dong, main di low tetap patah

    BalasHapus