Mengatasi CPU Yang Cepat Panas

Sabtu, 29 Desember 2012

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi komputer ( CPU ) yang cepat panas, akibatnya terkadang komputer terasa lambat dan error. Didalam CPU terdapat banyak komponen Hardware,



Kemudian apa perangkat Hardware yang cepat panas tersebut? yaitu: 

  • ProsesorVideo Card ( VGA ), Motherboard dan RAM
Mengapa mereka cepat sekali panas? yang terutama karena kesalahan dari CPU anda dapat melihat berapa Fan yang terpasan pada CPU anda dan dimana letaknya? jika cuma satu saya yakin Fan tersebut terpasan pada bagian pendingin yang terekat pada MotherBoard anda, Betul? jika di CPU anda terinstal 2 Fan itu saja masih sangat kurang karena Hardware tersebut membutuhkan suhu yang dingin untuk dapat bekerja dengan cepat. Kita ambil contoh: 

  • Coba anda bekerja dalam keadaan cuaca yang panas di bawah sinar matahari yang terik. Apa yang anda rasakan? yang terutama panas dan lelah karena banyak keringat yang keluar apalagi Hardware komputer yang harus bekerja terus di bawah suhu yang sangat panas. Apalagi kita membuka game-game berat otomatis Hardware kita akan cepat panas.
Disini saya akan mejelaskan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membuat CPU anda tidak cepat panas yaitu :

  • Coba anda beli FAN yang biasa saja tidak usah yang mahal-mahal banget, yang penting bisa muter dan keluar angin, kemudian anda pasang pada bagian CPU tempat FAN yang sudah disediakan sambungkan kabel kedalam Motherboard ( anda bisa minta bantu ahlinya ) jika tidak mau repot anda beli saja FAN Portable harganya sekitar 10 - 15 ribuan ( 2012-2013 ) setelah itu anda colokan ( USB Cable ) selesai.
Disini saya menyarankan anda untuk memasang 3 FAN lebih bagus lagi jika didalam VGA ( bukan vga onboard ) anda terdapat fan pendingin, jika tidak ada anda dapat merakitnya sendiri dengan membeli Mini Fan kemudian anda pasang saja entah di ganjel pakai kawat atau baut tujuannya agar VGA tidak cepat panas.

( Screenshot FAN yang saya rakit dan selipkan kedalam pendingin yang terdapat pada VGA )

Kemudian apakah software berpengaruh? jawabannya sesaat lagi................... ( ya bepengaruh! )
Software tidak dapat bekerja tanpa Hardware karena Hardware adalah pusat dari berjalannya Software sehingga semakin berat software kita buka semakin berat juga Hardware kita bekerja. Jadi saya sarankan anda untuk tidak menginstal aplikasi terlalu banyak. Kalo main game yang standard saja, kalo mau main game berat seperti Call Of Duty Modern Warfare 3 atau COD Black Ops mereka adalah game berat ( kelas atas ) yang membutuhkan spesifikasi Hardware kelas berat seperti.

Minimum Spesifikasi

NVidia GeForce 512 MB or Better
DirectX 9.0 or Better
RAM 2GB, Dual Core Prosesor
SoundCard

Bagaimana tinggi sekali bukan? itu saja baru minimum spesifikasi belum sepsifikasi yang dianjurkan agar game dapat berjalan dengan sangat lancar dan mulus seperti ini spesifikasinya:

Recommended Spesifikasi

Intel Core™ i7-3960X Processor Extreme Edition 1 GB or Better 3.3 GHz
Details Pixel Shadder | DirectX 9.0 or Better
RAM 2 GB or Better
SounCard + Speaker

Waduh, gimana tuh spesifikasi banyak permintaannya, yang di butuhkan udah lewat dari Dual Core lagi, spesifikasi tersebut jika anda mau mendapatkannya harus mengocek uang kurang lebih 12 jt. Tetapi yang biasa-biasa aja lah yang penting bisa main Game :)

Baik sudah dulu postingan saya kali ini tentang bagaimana cara mengatasi CPU yang cepat panas oh ya satu lagi kalau bisa anda buka saja Cover depan CPU tetapi hati-hati jangan sampai anda memegang CPUnya nanti kesetrum hahahaha...

Jika ada pertanyaan silahkan komentar, Terima Kasih!

7 komentar :

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. @mahasiswa teladan: sama2 bro..

    BalasHapus
  3. Terimakasih tutorialnya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus