Cara Mengatasi Komputer Yang Freeze, Crash dan Tidak Stabil

Jumat, 28 Desember 2012

Sudah lama saya tidak memposting akibat Operating System saya ada masalah ( curhat dikit ya ), system operasi windows xp saya tidak mau masuk ke Dekstop setelah terkena virus VBS yang menyerang sistem BIOS. Setelah lama saya utak-atik BIOS akhirnya berhasil masuk ke Dekstop eh ternyata langsung restart sendiri sehingga rusak deh, tetapi saat saya ingin menginstal ulang sistem operasi saya, saya sekaligus Upgrade Hardware saya yang sudah jadul menjadi lumayan lah.. dari VGA Onboard 96 MB menjadi NVidia GeForce 6200 = 256MB | RAM = ( 2.00 GB Dual-Channel DDR @ 199MHz 3-3-3-8 ) sekaligus perbaiki SoundCard yang error sekarang Driver Soundcard saya menggunakan VIA AC'97 Enhanced Audio Controller (WDM) dan tidak error-error lagi, sedangkan saya juga sekaligus mengganti MotherBoard saya yang lama menjadi yang baru PT880P-8237 (Socket 775).



Nah dalam pembahasan kali ini ada hubungannya juga dengan Hardware baru saya, yaitu suka Freeze, Crash dan Tidak Stabil. Apa penyebabnya? berikut:


  • Penyebab PC anda sering mengalami Freeze, Crash dan Tidak Stabil kemungkinan besar dari dalam spec hardware anda atau jika spec yang anda rasa sudah cukup berarti keadaan prosesor anda sedang panas. Hal ini yang terjadi juga pada PC saya yang baru saya Upgrade ternyata ketiga masalah diatas yang disebabkan saat saya bermain game berat seperti GTA San Andreas, NFS UnderCover adalah karena Prosesor PC saya dalam keadaan panas lebih dari 40 derajat Celcius, itulah sebabnya mengapa sering mengalami dari ketiga masalah di atas dan jalan satu-satunya untuk keluar adalah merestart komputer.
Tetapi saya menemukan cara mengatasinya sehingga PC saya sekarang berjalan dalam kedaaan yang sangat Stabil dan dengan performa full. Cara mengatasinya adalah dengan cara coba istirahatkan dahulu CPU anda selama 15 menit kemudian buka cover CPU ( bagian samping ) kemudian lihat apakah terdapat FAN yang mengeluarkan udara panas dari dalam CPU ke luar jika tidak ada FAN anda dapat membeli FAN Portable yang dapat anda rakit sendiri ( ditempel menggunakan perekat ). kemudian pastikan FAN berjalan tidak terbalik yaitu udara yang seharusnya di keluarkan malah menyedot udara dan perhatikan juga apakah MotherBoard, Prosesor anda kotor atau tidak jika kotor anda harus membersihkannya karena debu menghambat jalannya udara panas yang akan di kelurakan.

Anda dapat membeli FAN Portable Mini Set untuk anda pengguna Laptop, Notebook atau Netbook. Jika anda memiliki AC pasang AC dan buka cover CPU anda dan coba anda bermain pasti performa PC anda akan naik drastis atau anda dapat menggunakan kipas yang terarah ke arah CPU yang covernya harus terbuka biar udara panas mudah keluar.


Jangan bermain terlalu lama pada suhu ruangan yang pengap karena akan mempercepat prosesor anda untuk panas. Dan kurangi menginstal aplikasi yang berjalan pada BackRound.

Saya jamin setelah anda melakukan tips dari saya performa PC anda akan meningkat ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Untuk yang specnya kecil itu wajar saya menyarankan untuk Upgrade Driver minimal tidak menggunakan VGA Onboard lagi tetapi menggunakan VGA 128 MB atau Lebih.......

Baik sekian dulu tips dari saya jangan lupa beri komentar jika masih ada banyak kesalahan Terima Kasih!

0 komentar :

Poskan Komentar