Cara Memperbaiki Home Button iPhone, iPod dan iPad Yang Tidak Mau Bekerja

Kamis, 06 Desember 2012

Pengguna iPhone sering di hadapkan dengan masalah ini, entah karena perangkat iDevice anda sudah lama di gunakan atau memang Home Button nya sedikit bermasalah karena terlalu di paksa dalam pemakaian, hal ini juga terjadi pada perangkat iPhone saya yang ketika itu entah di mulai dari sulitnya untuk mengakses Task untuk menutup aplikasi sampai dengan menutup aplikasi itu sendiri dan akhirnya semakin lama semakin keras dan tidak bekerja sama sekali.

Bingung? ya itu yang saya rasakan karena jika Home Button akan di ganti pastinya anda tahu berapa harga perangkat Gadged milik apple tersebut, yang saya tanyakan adalah 250 ribu rupiah ( 250.000 IDR ) mungkin cukup mahal tetapi bagi yang tidak punya uang akan sedikit membuat masalah besar.

Tetapi selama saya mencoba dan berusaha akhirnya saya menemukan bagaimana cara mengatasinya, walaupun ujung-ujungnya saya juga harus mengganti Home Buttonnya dengan usaha mengumpulkan uang jajan sebesar 250 ribu rupiah! tetapi cara ini tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga dapat mengatasinya tanpa mengganti Home Button dan cara ini saya jamin 90% berhasil, dan sudah saya coba sebelumnya ketika saya mengalaminya, berikut caranya:


1). Silahkan buka salah satu aplikasi asli dari Apple contohnya: Kompas, Mail, Kontak dsbt... kemudian masukkan charger ke dalam iDevice anda, pastikan anda tidak dalam keadaan menyolok Changer anda, setelah itu cabut kembali dari dalam iDevice anda dan coba tekan Home Button anda!

Jika bekerja selamat karena saya sudah mencobanya sendiri dan bekerja walaupun tidak bekerja dengan sempurna tetapi sedikit membantu, dan bekerja sebanyak 75%

2). Cara selanjutnya adalah dengan masuk ke salah satu aplikasi bawaan iDevice kemudian tekan terus tombol power di atas iDevice anda


Jika sudah akan muncul perintah yang mana anda akan mematikan iDevice anda " slide to power off


Jangan di geser tetapi silahkan tekan terus Home Button anda hingga perintah di atas hilang ( jika berhasil )
Dan coba lagi menekan Home Button anda apakah bekerja?

3). Selanjutnya dengan cara mengolesi Home Button anda dengan air dan memberikannya sedikit pijatan :)
yaitu silahkan siapkan sedikit air, disini yang kita butuhkan hanya setetes air. Kemudian teteskan setetes air ke home button kemudian di tekan sambil di goyangkan seperti di pijat :) sampai dengan 15 detik silahkan lap air tersebut dan coba lagi Home Button anda saya jamin responsif hingga 99%.

Sebenarnya Mengapa Home Button iDevice Anda Bisa Unresponsif / Tidak Bekerja

Menurut para ahli yang sedang meneliti kecacatan dalam Home Button iPhone hal tersebut di akibatkan oleh 2 faktor yaitu kabel yang menghubungkan jaringan-jaringan pada Home Button putus atau kemungkinan kecil ada kesalah dalam produksi software.

Oh ya jika iDevice anda sudah di Jailbreak anda dapat menggunakan Activator untuk mengakses tombol kembali dan tombol task aplikasi tanpa harus menggunakan Home Button lagi.

Atau menggunakan AssistiveTouch yang bisa anda akses di Setting - General - Sccessibility - Assistive Touch  dan nyalakan! Ini adalah software virtual yang membantu anda dalam mengakses Task Aplikasi dan Kembali tanpa menggunakan Home Button!

Terima Kasih sudah berkunjung jika ada yang mau di tanyakan silahkan komentar!

9 komentar :

  1. maaf gan idevice tuh apaan yah? saya ga ngerti yg charger dicolokin ke idivice hehe maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iDevice itu sekumpulan perangkat gadged Apple seperti iPhone, iPad, iPod dan iPad Mini.

      Hapus
  2. Nice info bgt setelah hopeless sama cara ke 2 yg sering kupakai akhirnya nemu blog ini TT pakai cara ke 3 top abis thanku ka kenny!!!^^

    BalasHapus
  3. om tolong info dan bantuanya dong setelah sy lakukan tahap ke 3 home button kembali normal namun touch id sy masih g berfungsi?g bisa addfingerprint dan lebih ngeselin lg skrg srg muncul siri sendiri pdhl sdh di non aktifkan?

    BalasHapus
  4. Maaf Gan mo nanya..
    Iphone 5/5s tu tombol powernya emng agak longgar ya ?? Apa cma punya ane doang..
    Trus tadi ane instal apps player xtreme HD di iphone 5s ane trus wktu uda slese ane buka tu apps eh ternyata oh ternyata tu apps nutup sendiri gtu..
    Tolong pencerahannya Gan,,baru juga beli kmrin

    BalasHapus
  5. Gan mau nanya, home button iphone aku awalnya lentur dn responsif, tp tiba2 jdi susah gtu memfungsikannya butuh tekanan yg ektra dan jd keras dn kurg responsif tp msih berfungsi. Udh coba solusi 1, dan 3 tp blm sperti smula. Itu gmn ya gan?

    BalasHapus
  6. sedikit ralat, bersihin home button itu lebih baik pake alkohol karna cepat kering kalo pake air bisa2 mesin didalamnya kena trus korsleet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HB iphone saya tenggelam kyak mana cara jitu nya,tanpa ke counter??? Please answer

      Hapus
  7. Nice info gan, saya juga mau berbagi info dan tips.

    Cara memperbaiki iPhone 6 lcd berbayang bernoda bergaris
    http://zapplerepair.com/memperbaiki-iPhone6-lcd-berbayang-bernoda-bergaris.html

    BalasHapus